Skip to main content

Jelang Idul Adha, DKPP Awasi Kesehatan Hewan Kurban

Bengkulu, Siberspace.id -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bengkulu akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan intensif. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan kesehatan dan keamanan konsumen yang akan mengonsumsi daging kurban. Kamis (16/5/2024)

 

Menurut Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP, Henny, pemeriksaan ante morten akan dilaksanakan tujuh hari sebelum Iduladha. Hewan kurban yang telah diperiksa dan dinyatakan sehat akan diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai jaminan kesehatannya. 

 

"Setelah pemeriksaan dan dinyatakan sehat, kita berikan SKKH. Ini sebagai jaminan bahwa hewan kurban tersebut sehat dan bebas dari penyakit hewan menular," jelas Henny

 

Tidak hanya untuk hewan kurban dari Kota Bengkulu, namun juga untuk hewan kurban yang berasal dari luar kota atau kabupaten tetangga. Masyarakat diimbau untuk memastikan bahwa hewan yang akan dibeli memiliki SKKH yang ditandatangani oleh dokter hewan setempat. 

 

Langkah pengawasan ini dilakukan sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Pertanian. DKPP bersama dinas terkait lainnya baik dari tingkat provinsi maupun kabupaten/kota akan terus memantau dan mengawasi proses ini di lapangan.

 

Selain melakukan pengawasan terhadap hewan kurban, DKPP juga memantau ketersediaan hewan ternak secara keseluruhan. Masyarakat juga diminta untuk turut serta dalam memperhatikan kesehatan hewan serta melaporkan kepada petugas peternakan jika menemukan hewan yang mencurigakan. 

 

"Kami mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kesehatan hewan sebelum Iduladha serta melaporkan ke petugas peternakan saat melakukan transaksi jual beli hewan ternak untuk dilakukan pemeriksaan," tambah Henny. 

 

DKPP juga menekankan kepada para peternak untuk tidak memperjualbelikan hewan yang telah terinfeksi penyakit lumpy skin disease (LSD) dan jembrana. Gejala dari kedua penyakit ini, seperti adanya benjolan pada kulit sapi, harus diwaspadai untuk menjaga kesehatan ternak dan konsumen. 

 

Dengan langkah-langkah pengawasan yang ketat ini, diharapkan pelaksanaan ibadah kurban dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak yang terlibat. 

 

Reporter : Edoin

Editor : Muldianto

Wilayah