Skip to main content

Kasat Reskim Polresta Bengkulu : Waspada Penipuan Belanja Online

Bengkulu, Siberspace.id -- Korban penipuan dialami Ma warga Kelurahan Tengah Padang, kerugian mencapai Rp. 30 juta lebih, Minggu (14/01/24).

 

Kapolresta Bengkulu, Kombes Pol. Deddy Nata, S.I.K, melalui Kasat Reskrim Polresta Bengkulu, AKP. Mulyo Hartomo menangapi kasus ini, dirinya mengingatkan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati jika ingin membeli barang secara online.

 


"Saya harapan, masyarakat harus lebih bisa mengkroscek terlebih dahulu. Karena uang yang dikirim itu, terkadang tidak sedikit. Harus benar-benar dipastikan terlebih dahulu, kebenaran barang-barang yang kita beli," ucapnya.

 

Kronologisnya, saat Ma melihat sepatu di Media Sosial (Medsos) yang menarik perhatiannya. Karena tertarik, lantas menghubungi penjual sepatu tersebut, karena penjualnya berada di luar Provinsi.

 

"Dengan memesan dua pasang sepatu tersebut secara online. Dengan kesepakatan harga dua pasang sepatu Rp530 ribu. Setelah harga sudah disepakati, lantas mentransfer (Tf) uang tersebut ke rekening yang dikirimkan penjual," lanjutnya.


Penjual kembali menghubungi Ma, mengatakan bahwa sepatu yang akan dibeli adalah sepatu ilegal sehingga diminta mengirimkan uang Rp 2 juta untuk membayar pajak sepatu tersebut.

 

"Selang beberapa jam, penjual kembali meminta mengirim uang Rp 9,5 juta, tidak lama penjual kembali meminta dikirimkan uang Rp 11,5 juta. Uang yang diminta penjual kepada Ma belum jelas untuk apa," tutupnya.

Reporter : Muldianto

Editor : Annisa

Wilayah